Halaman

Kamis, 02 Agustus 2012

Tips and Trik, Cara Merubah Bahasa Xplore ke Bahasa Indonesia

Yuk kita ikuti langkah-langkahnya, baca yang teliti ya. Jika salah sedikit dapat membuat Xplore kalian gak bisa bekerja lagi.!! Oh iya trik ini hanya bisa BERHASIL UNTUK PONSEL YANG UDAH DI HACK.!! Sebab kita akan mengotak-atik foder PRIVATE yang hanya bisa di buka jika ponsel udah di HACK.!!

Langkah 1
Sebelum melakukan trik ini, sebaiknya kalian menyiapkan sebuah kamus buat jaga-jaga jika kalian menemukan kata-kata yang sulit dalam bahasa inggris.

Langkah 2
Buka aplikasi Xlpore, jika kalian menggunakan ponsel-ponsel symbian versi 2 (S60v2) buka direktori E > System > Apps > X-plore > explorer > data.dta (NB : Tidak mesti di direktori E sih, tergantung kalian menginstal Xplore-nya di mana.? Jika di kartu memori buka di direktori E. Jika menginstal di memori telepon buka direktori C)

Jika kalian menggunakan ponsel-ponsel symbian versi 3 dan 5 (S60v3 & S60v5) buka direktori C > PRIVATE > a0000bcd > Explorer > Data.dta
(NB : Tidak mesti di direktori E sih, tergantung kalian menginstal Xplore-nya di mana.? Jika di kartu memori buka di direktori E. Jika menginstal di memori telepon buka direktori C, pada kasus saya Q menginstalnya di memori ponsel)






NB :
Mungkin pada beberapa tipe HP, folder ini akan berbeda namanya. Solusinya ya cek aja semua folder yang ada di folder private. Pokoknya bongkar aja semua foldernya hingga menemukan folder “Explorer” di dalamnya.

Langkah 3
Buat folder baru dimana aja (sebaiknya jangan buat jauh-jauh dari file Data.dta tsb agar mudah nanti mencarinya). Copy file Data.dta pada folder baru tersebut. Ubah nama/rename copy-an file Data.dta tersebut menjadi “Data.zip” (tanpa tanda petik). Udah di rename.? Saatnya kalian meng-ekstrak file ZIP tersebut untuk membedah isi file-nya.




Langkah 4
Setelah di ekstrak kalian akan menemukan sebuah folder bernama folder Lang. Buka foldernya, maka kalian akan menemukan berbagai file teks. Cari file teks yang bernama “English.txt”. Sorot file teks tersebut. Tekan Menu > File > Edit. Nah tugas kalian adalah meng-edit dan men-translate kata-kata dalam bahasa inggris tersebut kedalam bahasa Indonesia. Jika kalian kesulitan, gunakanlah kamus. Kalau bisa gunakan kata-kata yang umum dan jangan terlalu panjang. Sebaiknya kalian meng-edit kata-kata tersebut urut dari atas hingga selesai kebawah. Jika sudah selesai tekan Menu > Simpan.






Langkah 5
Tugas kita sekarang adalah membungkus dan mengembalikan file-file tersebut ke alam asalnya untuk itu tandai semua file-filenya yang di ekstrak tadi. Tekan Menu > Zip > Move to ZIP, maka akan tercipta sebuah file Zip baru. Ubah nama file Zip tersebut menjadi “Data.dta” (tanpa tanda petik).
Pindahkan/cut file “Data.dta” tersebut ke tempat asalnya tadi di awal di ponsel kalian masing-masing (Kalau punya Q ya di direktori C > PRIVATE > a0000bcd > Explorer). Jika ada tanda peringatan Overwrite File tekan OK aja.




Beres. . . bro. . . bahasa Xplore kita pasti secara otomatis berubah dari bahasa inggris menjadi bahasa indonesia. Q sebenarnya pengen nambahin sendiri file bahasa indonesianya sendiri, namun gak berhasil. Terpaksa deh file bahasa inggris tersebut yang kita ubah. Ok bro itu aja, selamat mempraktekkan yah. Good Luck.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar